Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Illahirabbi, karena pada hari
ini kita masih diberi nikmat hidup, nimat merdeka, dan nikmat iman, insya
Allah. Kita diberi nikmat hidup, karena nyata-nyata saat ini kita masih
dikarunia usia, masih bisa bernafas. Kita juga diberi nikmat kemerdekaan,
karena kita masih bisa menentukan apa yang akan kita lakukan, mau mengaji,
atau mau main-main saja, belajar atau tidur saja, melakukan kebaikan atau
sebaliknya. Dan terakhir kita masih juga dikarunia nikmat yang paling tinggi
tingkatannya, yaitu nikmat iman. Dengan keimanan ini kita mampu meninggalkan
hal yang lain, karena ada yang lebih penting yaitu mengingat Allah. Kita
berkumpul bersama saat ini bukan sekedar berkumpul bergosip ria, tapi mari
kita niatkan bahwa kita sedang menenun ikatan silaturahmi, saling mengingatkan
supaya kita tetap terkendali dalam lingkungan yang penuh dengan cobaan.
Insya Allah semua ini akan diridhai oleh Allah SWT.
Mudah-mudahan bagi yang tidak sempat hadir pada pertemuan hari ini, mereka dapat mendapat pahala yang lebih besar di tempat lain. Marilah kita perbaharui dan tingkatkan sikap dan keyakinan kita, bahwa tiada tuhan yang patut kita sembah selain Allah SWT. BagiNya tak ada sekutu dan tak ada satupun yang menyamaiNya.
Mudah-mudahan bagi yang tidak sempat hadir pada pertemuan hari ini, mereka dapat mendapat pahala yang lebih besar di tempat lain. Marilah kita perbaharui dan tingkatkan sikap dan keyakinan kita, bahwa tiada tuhan yang patut kita sembah selain Allah SWT. BagiNya tak ada sekutu dan tak ada satupun yang menyamaiNya.
Kita pun meyakini bahwa Muhammad adalah utusan Allah SWT, nabi terakhir
dan pemimpin para nabi. Salawat serta salam kita haturkan bagi junjungan
kita, dan mudah-mudahan beliau tetap menjadi sumber suri teladan bagi kita.
Semoga pula ampunan, rahmat serta magfirah selalu menyertai dan tercurah
bagi umatnya hingga akhir jaman.
Beberapa hari lalu, kita bersama-sama menunaikan shalat dan ibadah di
hari raya IDUL ADHA disebut juga sebagai Hari Raya Korban ataupun Hari
Raya Haji. Pada hari itu dan juga tiga hari kemudian, banyak ummat Islam
yang mampu, menyembelih korban untuk dibagi-bagikan kepada fakir miskin.
Juga, tak sedikit ummat Islam yang telah mencukupi syarat, menunaikan Ibadah
Haji ke Baitullah. Suatu ibadah yang teah dirintis oleh Nabi Ibrahim beserta
putranya nabi Ismail. Kita masing/masing tahu bagaimana kisah nabi Ibrahim,
meninggalkan istrinya Siti Hajar dan putranya Ismail yang masih bayi di
suatu lembah tandus jauh dari mana-mana. Bagimana kisah Siti Hajar mencari
air untuk menghilangkan dahaga dirinya dan anaknya, sampai kemudian terpancar
sumber mata air zam-zam. Bagaimana kemudian nabi Ibrahim saat kembali menengok
Siti Hajar dan anaknya Ismail, kemudian diuji untuk menyembelih anaknya,
atas perintah Allah SWT. Dan perjuangan nabi Ibrahim saat hendak menyembelih
Ismail. Sejarah itulah yang kemudian kita coba hayati dengan melakukan
kurban dan ibadah haji. Ibadah Haji inilah yang diwajibkan kepada mereka
yang mampu untuk mengerjakannya sekali seumur hidup, Allah s.w.t.berfirman
dalam Quran yang artinya :
"Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka
akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus
yang datang dari segenap penjuru yang jauh, supaya mereka menyaksikan berbagai
manfa`at bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang
telah ditentukan atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa
binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi)
berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.."(Qur'an.
S.al-Hajj:27-28)
Ada hal penting dalam kegiatan Kurban ini. Betapa kita diperintahkan
untuk selalu memperhatikan fakir miskin, dan semangat berkurban. Apabila
sifat suka berkorban ini meresap ke jiwa seluruh ummat Islam Isya-Allah
akan terwujud ketenangan dan kedamainan dalam masyarakat dan akan dekatlah
jurang yang memisahkan antara yang kaya dengan yang miskin, antara yang
kuat dengan yang lemah, antara penguasa dengan rakyat biasa.
Mereka yang mampu dapat memberikan sebagian hartanya untuk membantu
mereka yang berada dalam kesusahan, seperti yang biasa dialami oleh fakir
miskin, yatim piatu, ataupun yang memerlukan pertolongan. Tapi harus pula
dibarengi oleh mereka yang menerima bantuan untuk mensyukurinya dan berusaha
dengan sekuat tenaga tidak hanya bergantung kepada pemberian orang. Bukanlah
Rasullah s.a.w.telah mengingatkan bahwa: "Tangan diatas lebih baik daripada
tangan dibawah".
Bagaimanakah hakekat kedudukan kaum lemah, yaitu fakir miskin ataupun
kaum pinggiran ataupun yang dimata kita seringkai kita anggap hina, yang
seringkali kita hanya melihatnya dari segi lahiriah, materialistis ?. Marilah
kita terbang lima belas abad kebelakang, ke suatu masa dijaman Rasulullah
saw.
Di suatu tempat terlihat Rasulullah saw berkumpul bersama para sahabatnya
yang kebanyakan orang miskin. Sekedar menyebut beberapa nama sahabat yang
hampir semuanya bekas budak, yaitu Salman al-Farisi, Ammar bin Yasir, Bilal,
Suhayb, Khabab bin Al-Arat. Pakaian mereka lusuh, berupa jubah bulu yang
kasar. Tetapi mereka adalah sahabat senior Nabi, para perintis perjuangan
Islam.
Kemudian serombongan bangsawan yang baru masuk islam datang ke majelis
Nabi. Ketika melihat orang-orang di sekitar Nabi, mereka mencibir dan menunjukkan
kebenciannya. Mereka berkata kepada Nabi, "Kami mengusulkan kepada Anda
agar Anda menyediakan majelis khusus bagi kami. Orang-orang Arab akan mengenal
kemuliaan kita. Para utusan dari berbagai kabilah arab akan datang menemuimu.
Kami malu kalau mereka melihat kami duduk dengan budak-budak ini. Apabila
kami datang menemui Anda, jauhkanlah mereka dari kami. Apabila urusan kami
sudah selesai, bolehlah anda duduk bersama mereka sesuka Anda." Uyainah
bin Hishn menegaskan lagi, "Bau Salman al-Farisi mengangguku (Ia menyindir
bau jubah bulu yang dipakai sahabat nabi yang miskin). Buatlah majelis
khusus bagi kami sehingga kami tidak berkumpul bersama mereka. Buat juga
majelis bagi mereka sehingga mereka tidak berkumpul bersama kami."
Tiba-tiba turunlah malaikat jibril menyampaikan surat al-An'am [6] ayat
52:
"Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan di petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka. Begitu pula mereka tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim."
"Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan di petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka. Begitu pula mereka tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim."
Nabi saw segera menyuruh kaum fukara duduk lebih dekat lagi sehingga
lutut-lutut mereka merapat dengan lutut Rasulullah saw. "Salam 'Alaikum,"
kata Nabi dengan keras, seakan-akan memberikan jawaban kepada usul para
pembesar Quraisy.
Setelah itu, turun lagi surat al-Kahfi [18] ayat 28:
"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas."
"Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas."
Sejak itu, apabila kaum fukara ini berkumpul bersama Nabi, beliau tidak
meninggalkan tempat sebelum orang-orang miskin itu pergi. Apabila beliau
masuk ke majelis, beliau memilih duduk dalam kelompok mereka. Seringkali
beliau berkata, "Alhamdulillah, terpuji Allah yang menjadikan di antara
umatku kelompok yang aku diperintahkan bersabar bersama mereka. Bersama
kalianlah hidup dan matiku. Gembirakanlah kaum fukara muslim dengan cahaya
paripurna pada hari kiamat. Mereka mendahului masuk surga sebelum orang-orang
kaya setengah hari, yang ukurannya 500 tahun. Mereka bersenang-senang di
surga sementara orang-orang kaya tengah diperiksa amalnya."
Dalam kesempatan lain Nabi bertemu dengan seorang sahabat, Sa'ad al-Anshari
yang memperlihatkan tangannya yang melepuh karena kerja keras. Nabi bertanya,
"mengapa tanganmu hitam, kasar dan melepuh?" Sa'ad menjawab, "tangan ini
kupergunakan untuk mencari nafkah bagi keluargaku." Nabi yang mulia berkata,
"ini tangan yang dicintai Allah," seraya mencium tangan yang hitam, kasar
dan melepuh itu. Bayangkanlah, Nabi yang tangannya selalu berebut untuk
dicium oleh para sahabat, kini mencium tangan yang hitam, kasar dan melepuh.
Di atas kita telah mengutip beberapa kisah dalam hidup Nabi. Bukankah
sebagai ummatnya kita telah berikrar untuk menjadikan segala perilaku beliau
sebagai contoh teladan (uswatun hasanah). Untuk menguatkan bahwa Islam
sangat menonjolkan kepedulian sosial, mari kita buka Al-Qur'an. (Bukankah
Al-Qur'an adalah rujukan kita yang pertama dalam hidup ini.)
1. Surat al-Balad [90] ayat 10 -18
"Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan Maka tidakkah sebaiknya (dengan hartanya itu) ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu)melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi MAKAN pada hari kelaparan (kepada) anak YATIM yang ada hubungan kerabat, atau orang MISKIN yang sangat fakir. Dan dia termasuk orang-orang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu)adalah golongan kanan"
"Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan Maka tidakkah sebaiknya (dengan hartanya itu) ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu)melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi MAKAN pada hari kelaparan (kepada) anak YATIM yang ada hubungan kerabat, atau orang MISKIN yang sangat fakir. Dan dia termasuk orang-orang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu)adalah golongan kanan"
Ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa ada dua jalan yang bisa kita pakai
dalam memanfaatkan harta kita. Al-Qur'an menyarankan kita untuk mengambil
jalan yang sukar dan mendaki, yaitu memerdekakan budak atau memberi makan
pada anak yatim atau orang miskin. Allah tidak menjelaskan tentang jalan
yang mudah, melainkan memberi contoh jalan yang sukar.
Mengapa disebut jalan yang sukar? karena kebanyakan manusia enggan atau
merasa berat atau merasa sukar untuk melakukannya. Bila kita mampu mengalahkan
rasa berat dan rasa sukar pada diri kita dalam beramal, maka Allah menjanjikan
kita termasuk golongan yang kanan; ahli surga.
2. Surat al-Ma'arij [70] ayat 19-25
"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi KIKIR, Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila iamendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan SHALAT, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam HARTAnya tersedia bagian tertentu, bagi orang(miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)"
"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi KIKIR, Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila iamendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan SHALAT, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam HARTAnya tersedia bagian tertentu, bagi orang(miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)"
Secara tegas Allah menyebutkan bahwa keluh kesah dan kikir itu telah
menjadi sifat bawaan manusia sejak ia diciptakan. Allah melukiskan sifat
manusia dengan sangat baik. Seringkali kita berperilaku demikian. Saat
kita tidak memiliki harta kita sering berkeluh kesah, sebaliknya, kalau
memiliki banyak harta kita cenderung untuk kikir. Lalu bagaimana caranya
agar sifat bawaan (keluh kesah & kikir) kita tersebut tidak menjelma
atau dapat kita padamkan. Allah menyebutkan, paling tidak, dua jalan. Pertama,
mengerjakan sembahyang secara kontinu. Kedua, menyadari bahwa dalam harta
yang kita miliki terkandung bagian tertentu untuk fakir miskin. Dua resep
ini insya Allah akan mampu memadamkan sifat keluh kesah dan sifat kikir
yang kita miliki.
3. Surat al-Qalam [68] ayat 17-33
"Sesungguhnya Kami telah menguji mereka (musyrikin Mekkah)sebagaimana Kami telah menguji pemilik-pemilik kebun, ketika mereka bersumpah bahwa mereka sungguh-sungguh akan memetik (hasil) nya dipagi hari, dan mereka tidak mengucapkan : insya Allah
Lalu kebun itu diliputi malapetaka (yang datang) dari Tuhanmu ketika mereka sedang tidur, maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita, lalu mereka panggil memanggil di pagi hari
"Pergilah di waktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya."
Maka pergilah mereka saling berbisik-bisikan. "Pada hari ini janganlah ada seorang MISKIN pun masuk ke dalam kebunmu." Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niat menghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka mampu (meonolongnya),
Tatkala mereka melihat kebun itu, mereka berkata: "Sesungguhnya kita benar-benar orang-orang yang sesat (jalan), bahkan kita dihalangi (dari memperoleh hasilnya)"
Berkatalah seorang yang paling baik pikirannya di antara mereka:"Bukankah aku telah mengatakan kepadamu, hendaklah kamu bertasbih (kepada Tuhanmu)?"
Mereka mengucapkan: "Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim."
Lalu sebagian mereka menghadapi sebagian yang lain seraya cela-mencela Mereka berkata: "Aduhai celakalah kita; sesungguhnya kita ini adalah orang-orang yang melampaui batas. Mudah-mudahan Tuhan kita memberikan ganti kepada kita dengan (kebun) yang lebih baik daripada itu; sesungguhnya kita mengharapkan ampunan dari Tuhan kita"
Seperti itulah azab (dunia). Dan sesungguhnya azab akhirat lebih besar jika mereka mengetahui"
"Sesungguhnya Kami telah menguji mereka (musyrikin Mekkah)sebagaimana Kami telah menguji pemilik-pemilik kebun, ketika mereka bersumpah bahwa mereka sungguh-sungguh akan memetik (hasil) nya dipagi hari, dan mereka tidak mengucapkan : insya Allah
Lalu kebun itu diliputi malapetaka (yang datang) dari Tuhanmu ketika mereka sedang tidur, maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita, lalu mereka panggil memanggil di pagi hari
"Pergilah di waktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya."
Maka pergilah mereka saling berbisik-bisikan. "Pada hari ini janganlah ada seorang MISKIN pun masuk ke dalam kebunmu." Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niat menghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka mampu (meonolongnya),
Tatkala mereka melihat kebun itu, mereka berkata: "Sesungguhnya kita benar-benar orang-orang yang sesat (jalan), bahkan kita dihalangi (dari memperoleh hasilnya)"
Berkatalah seorang yang paling baik pikirannya di antara mereka:"Bukankah aku telah mengatakan kepadamu, hendaklah kamu bertasbih (kepada Tuhanmu)?"
Mereka mengucapkan: "Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang zalim."
Lalu sebagian mereka menghadapi sebagian yang lain seraya cela-mencela Mereka berkata: "Aduhai celakalah kita; sesungguhnya kita ini adalah orang-orang yang melampaui batas. Mudah-mudahan Tuhan kita memberikan ganti kepada kita dengan (kebun) yang lebih baik daripada itu; sesungguhnya kita mengharapkan ampunan dari Tuhan kita"
Seperti itulah azab (dunia). Dan sesungguhnya azab akhirat lebih besar jika mereka mengetahui"
Sekelompok ayat di atas menceritakan sebuah kisah nyata yang terjadi
sebelum masa Rasulullah. Kisah pemilik kebun di atas melukiskan dengan
sangat baik betapa harta manusia itu tak ada artinya dibanding kekuasaan
Allah. Kebun yang sudah sekian lama diurus dan tinggal sekejap mata saja
untuk dipetik hasilnya menjadi musnah terbakar. Apa kesalahan pemilik kebun
tersebut sehingga mendapat azab sedemikian rupa?
Pertama, mereka lupa bahwa Allah berkuasa atas segala sesuatu. Ini dilukiskan
dalam ayat di atas ketika mereka tidak menyebut insya Allah; mereka merasa
pasti akan meraih hasil yang luar biasa. Mereka lupa bahwa sedetik kedepan
kita tak tahu apa yang terjadi dengan hidup kita. Kita tak tahu "skenario"
Allah terhadap diri kita.
Kedua, mereka bersifat kikir. Mereka sudah bersiap-siap agar orang miskin
tak bisa masuk ke kebun mereka saat panen tiba. Allah murka pada mereka.
Allah turunkan azab-Nya pada mereka. Di akhir ayat Allah mengingatkan bahwa
azab yang Allah timpakan pada pemilik kebun hanyalah azab dunia; sedangkan
azab akherat jauh lebih besar lagi!
Kalau Allah mampu memusnahkan dengan amat mudah kebun yang siap dipanen,
jangan-jangan Allah pun akan memusnahkan sumber penghasilan kita, bila
kita berlaku kikir! Na'udzu billah...
Sekarang bukalah cermin di hati kita. Tariklah nafas sejenak untuk berkaca
ke dalam cermin itu. Apakah kita seperti pembesar Quraisy yang terganggu
dengan bau tubuh orang miskin. Apabila tamu datang, kota kita bersihkan
dan mereka, kaum fukara, dipinggirkan. Kota baru gemerlap bila mereka disingkirkan.
Pemandangan baru indah bila rumah-rumah kumuh digusur. Kadang, betapa perilaku
kita lebih menyerupai pembesar quraisy daripada perilaku Nabi Yang Mulia.
Bukalah cermin hati kita lagi. Turunlah kita ke bawah. Tengoklah jutaan
tangan yang hitam dan melepuh menunggu uluran kasih sayang kita. Setelah
Nabi, adakah di antara kita yang mau mencium tangan orang miskin? Bukankah
dengan status yang kita miliki, gelar akademik yang kita raih, kesejahteraan
yang kita nikmati, kita merasa jauh lebih pantas bila orang miskin mencium
tangan kita. Kalau hati terasa berat, andaikata kultur tak mengizinkan
kita berbuat hal itu, manakala ego terasa meningkat, bukankah paling tidak
kita ganti rasa hormat yang seharusnya kita berikan dengan kasih sayang
pada mereka. Bila Nabi mau mencium tangan mereka, maukah kita untuk paling
tidak menyisihkan sebagian rezeki yang kita peroleh sebagai rasa sayang
kita pada mereka.
Bukalah cermin hati kita sekali lagi. Apakah kita merasa sukar untuk
beramal pada orang miskin dan anak yatim? Hanya cermin hati yang teramat
dalam yang mampu menjawabnya dengan jujur.
Sekali lagi, bukalah cermin hati kita. Tahanlah nafas kita untuk sejenak.
Tidakkah kita rasakan bagaimana Allah menyinggung perilaku buruk kita dalam
ayat-ayat-Nya yang suci. Subhanallah....
Cermin hati kita mengatakan bahwa agar tidak tertimpa azab Allah di
dunia, manakala kita memiliki kelebihan rezeki maka janganlah sungkan untuk
memberi sebagian pada orang miskin. Cermin hati telah berkata, mampukah
kita melaksanakan kata-hati kita ?
Setelah kita merenungi bagaimana hakekat berkurban, yang ternyata tidak
selalu harus dengan materi,tapi kita juga dituntut untuk bersikap baik
dan menyantuni fakir miskin, kaum lemah dan orang yang membutuhkan pertolongan.
Mudah-mudahan dengan semangat berkurban ini kita dapat mengambil hikmah
dan mendapatkan salah satu jalan mencapai KeridhaanNya.
Marilah kita akhiri nasihat ini dengan menundukkan jiwa dan raga kita
dihadapan Allah yang maha besar, Allah yang maha terpuji, Allah yang maha
mendengar, Allah yang maha berkuasa atas segala sesuatu. Mudah-mudahan
doa kita dikabulkanNya, dan dijadikanNya kita menjadi orang-orang yang
senatiasa bersyukur, dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi
segala laranganNya.
Kita berdo'a kepada Allah s.w.t. semoga diampuninya segala dosa dan
kesalahan kita di masa yang lalu. Kita mohon kepada Allah s.w.t. semoga
diterimanya segala amal ibadah kita dan akhirnya kita akan memperoleh Husnul
Khatimah, akhir yang baik dan dapatlah kehidupan kita diberkati dan diberikan
ketenangan dan diselamatkan dari segala malapetaka.
Kita berdoa kepada Allah yang maha kaya maha pemurah, maha dan maha
dari segala yang kita anggap paling. Mudah-mudahan Allah senantiasa selalu
meringankan hati kita, langkah kita dan tekad kita untuk selalu mengangkat
derajat kaum yang lemah, menyantuni kaum papa, dan menolong kaum tak mampu.
Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau
tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah
kami termasuk orang-orang yang merugi". (QS. 7:23)
"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau sesuatu yang
aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun
kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan
termasuk orang-orang yang merugi". (QS. 11:47)
"Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami
dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)". (QS. 7:126)
"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam
rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang diantara para penyayang".
(QS. 7:151)
"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,
dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku…..
(QS. 20:25-29)
"Kepada Allah-lah kami bertawakal! Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan
kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan
rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir". (QS. 10:85-86)
"Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua
telah mendidik aku waktu kecil". (QS. 17:24)
"Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah
beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian
dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman Ya Tuhan kami, sesungguhnya
Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang". (QS. 59:10)
"Aku berlindung kepada Tuhan manusia". Raja manusia. Sembahan manusia,
dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan
(kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia (QS. 114:1-6)
Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah dan ibuku serta kasihanilah
mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar