BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas Nomor : 20 Tahun 2003
mengamanatkan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
SMA Negeri 1 Gununghalu sebagai salah satu instansi yang terkait langsung
dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan
program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan
visi dan misi yang disepakati bersama.
B. DASAR HUKUM
1. Undang-undang Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor. 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan
Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal
19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 087/U/2002, Tanggal
04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 084/U/2002, Tentang
Perubahan Sistem Catur Wulan Menjadi Sistem Semester
6. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 125/U/2002, Tentang
Kalender Pendidikan dan Jumlah Jam Mengajar Efektif.
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud penyusunan program kerja ini adalah :
Terlaksananya Pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2004 dan KTSP
Terlaksananya pembelajaran dengan moving class secara tertib
Terpenuhinya fasilitas media pembelajaran tiap ruang bidang studi
Tercapainya hasil evaluasi pembelajaran 75 % diatas KKM
Tujuan program kerja ini :
Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas
Pembelajaran
Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan pembelajaran
Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja Guru
BAB II
RINICIAN KEGIATAN PROGRAM KURIKULUM
A. Rincian Kegiatan :
Dalam pelaksanaan program kurikulum telah disusun beberapa langkah penyusunan
strategi program sbb :
Strategi 1
Rincan Kegiatan :
1. Penyusunan Kalender Pendidikan
2. Perencanaan dan Pembagian Kelas
3. Pembagian Tugas Mengajar
4. Pembagian Tugas Tambahan
5. Penyusunan Jadwal Mengajar
6. Penyusunan program dan perangkat pembelajaran
Strategi 2
Rincian Kegiatan :
1. Pengadaan buku penunjang guru
a. pendataan kebutuhan buku
b. perencanaan kebutuhan pengadaan buku
c. pembelian buku
d. infentarisasi buku
2. Pengadaan media pembelajaran untuk masing-masing bidang studi
a. pendataan media pembelajaran yang diperlukan
b. perencanaan kebutuhan bahan
c. pembuatan media pembelajaran
3. Pengadaan bahan/alat praktikum untuk lab IPA dan komputer
a. pendataan kebutuhan bahan/alat
b. perencanaan kebutuhan pengadaan bahan/alat
c. pembelian bahan/alat
Strategi 3
Rincian Kegiatan :
1. Pembuatan jurnal kelas
2. Pengaktifan SAS untuk ketertiban guru dan siswa
3. Pelaksanaan monitoring kegiatan belajar mengajar
4. Mengoptimalkan tugas guru piket
5. Perencanaan Supervisi kelas oleh kepala sekolah
Strategi 4 :
Rincian Kegiatan :
1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran (Ulangan Harian & Ulangan Blok)
2. Pembuatan LHBS duplikat
3. Pembuatan rekap hasil evaluasi (Ulangan Blok Tengah dan Akhir Semester)
4. Pembuatan Data NUN input dan output
5. Pendataan siswa yang kurang berprestasi di bidang akademik untuk
mendapatkan bimbingan dari guru BK
6. Pendataan siswa berprestasi di bidang MIPA untuk mengikuti olimpiade MIPA (
Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia ), Ekonomi, Astronomi & Komputer
BAB III
PROGRAM KERJA
Sasaran/Target :
Meningkatkan rata-rata jumlah Nilai Ujian Nasional (Pusat) untuk masing-masing
program 0,5
Meningkatnya jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi
Meningkatnya kegiatan belajar di perpustakaan
Meningkatnya prestasi dan jumlah perolehan kejuaraan olimpiade
Kekuatan/Pendukung Program :
1. Jumlah guru memadai
2. Jumlah siswa sesuai dengan pagu
3. Alat peraga cukup memadai
4. Dukungan dana masyarakat menunjang
5. Buku Pegangan Guru dan siswa cukup
Kelemahan/Penghambat Program :
1. NUN input rata-rata rendah
2. Motivasi belajar siswa rendah
3. Pengaruh negatif media elektronik
Rincian Kegiatan :
1. Penyusunan Program Sukses UN
2. Pemberitahuan kepada Orangtua/Wali Siswa
3. Penjadwalan kegiatan
4. Penyediaan buku-buku soal untuk diujicobakan
5. Pembuatan rangkuman materi atau soal tambahan (Diktat Materi)
6. Pengaktifan pelaksanaan
7. Pelaksanaan intensifikasi khusus ( listening & materi mapel yang kurang )
8. Pemberian tambahan transport kepada guru yang terkait
9. Evaluasi pelaksanaan program
10. Pelaporan hasil intensifikasi
Strategi 2 : Meningkatkan uji coba UN/SPMB
Rincian Kegiatan :
1. Mengevaluasi hasil UN tahun lalu
2. Menyusun jadwal uji coba
3. Melaksanakan uji coba UN/SPMB ( 3 x 1 th. )
4. Mengevaluasi hasil uji coba
5. Menindaklanjuti hasil uji coba
6. Memberikan tambahan transport kepada guru yang terkait
7. Mengevaluasi pelaksanaan uji coba
8. Melaporkan hasil ujicoba
Strategi 3 : Meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
Rincian Kegiatan :
1. Menginventaris kekurangan kebutuhan buku penunjang untuk siswa utamanya
untuk mata pelajaran yang berhubungan dengan UN/SPMB
2. Penambahan buku penunjang dan latihan soal untuk mata pelajaran UN
3. Penambahan buku pengetahuan umum dan berbahasa inggris
4. Pengadaan Koran & majalah yang diperlukan siswa
5. Pengadaan buku leteratur untuk mata pelajaran berorientasi kelas internasional
6. Pengadaan layanan perpustakaan dengan komputer
7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait
Strategi 4 : Mengefektifkan kegiatan olimpiade & ektrakurikuler akademik
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa peserta kegiatan olimpiade mata pelajaran ekstrakurikuler
bahasa inggris dan ekstrakurikuler komputer
2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)
3. Penyusunan jadwal kegiatan latihan/tes
4. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
5. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
6. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba
7. Memberikan tambahan transport kepada petugas yang terkait
Strategi 5 : Pemberian Layanan Terhadap Siswa Berprestasi (Kelas Unggulan)
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa reguler yang mengikuti layanan pretasi
2. Penyusunan program layanan prestasi
3. Pendataan guru Pembina layanan prestasi
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Melaksanakan pembinaan
6. Melaksanakan tindak lanjut hasil tes setelah pembinaan dengan
mengikutsertakan dalam lomba-lomba
7. Pemberian beasiswa untuk semua tingkat kelas (kelas unggulan)
8. Pemberian penghargaan siswa berprestasi akademik (peringkat paralel) pada
masing-masing tingkat kelas
Strategi 6 : Pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR) (bila anggaran memungkinkan)
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan siswa yang berminat/berpotensi dalam penyusunan karya ilmiah
2. Pembagian kelompok (sesuai dengan bidang keahlian dan ketrampilannya)
3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan dalam KIR
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
7. Mengikutsertakan dalam kegiatan lomba
8. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang terkait
PROGRAM KERJA-3
Nama Program : Pengembangan Profesionalisme Pelaku Pendidikan
Sasaran/Target :
Terlaksananya Proses Pemebelajaran sesuai dengan pengembangan kurikulum
yang berlaku
Meningkatnya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran
Terlaksananya kegiatan penelitian tindakan kelas
Terlaksananya pembelajaran berbasis TIK
Terlaksananya kegiatan workshop
Kekuatan/Pendukung Program :
1. Adanya beberapa guru yang telah mengikuti work shop KBK & life skill
2. Sarana dan prasarana pembelajaran memadai
3. Tenaga edukatif memiliki semangat dan dedikasi yang cukup
Kelemahan/ Penghambat Program :
1. Jumlah tenaga edukatif kurang sesuai dengan kebutuhan
2. Motivasi belajar siswa kurang
Strategi 1 : Pengembangan Profesionalisme Guru (KBM)
Rincian Kegiatan :
1. Mendata guru masing-masing mata pelajaran
2. Membentuk Koordinator mata pelajaran
3. Mengirimkan guru untuk mengikuti MGMP Kabupaten/Workshop
4. Membuat jadwal kegiatan MGMP
5. Melengkapi perangkat mengajar
6. Membahas materi pembelajaran dan metode yang sesuai dengan kurikulum
berbasis kompetensi
7. Mengevaluasi hasil kegiatan
8. Mengikutsertakan guru untuk diklat peningkatan profesionalisme sesuai dengan
mata pelajarannya
9. Menindaklanjuti hasil kegiatan dengan mengadakan workshop
Strategi 2 : Pembinaan Penelitian Tindakan Kelas
(bila anggaran memungkinkan)
Rincian Kegiatan :
1. Pendataan guru yang bersedia melaksanakan penelitian tindakan kelas
2. Pembagian kelompok sesuai dengan kelompok mata pelajaran
3. Mendatangkan nara sumber untuk pembinaan/pembekalan PTK
4. Penyusunan jadwal pembinaan
5. Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan kegiatan
6. Evaluasi dan pelaporan kegiatan
7. Memberikan tambahan transport kepada nara sumber dan petugas yang terkait
Strategi 3 : Pembinaan profesionalisme pelaku pendidikan (Non KBM)
Rincian Kegiatan :
1. Pengadaan rapat dinas untuk mennyampaikan informasi dan pembinaan
melalui: a. rapat rutin bulanan; b. rapat tahunan; c. rapat insidental
2. Pengadaan seleksi guru berprestasi dan pengusulan ujian calon kepala sekolah
melalui seleksi tingkat sekolah
3. Mengikutsertakan guru dan pegawai untuk diklat peningkatan profesionalisme
sesuai dengan bidang keahliannya
4. Mengusulkan dan menyalurkan subsidi KJM untuk GT dan insentif GTT dari
pemerintah kepada yang berhak menerima
5. Membiayai perjalanan dinas Kepala Sekolah
6. Mengikutsertakan pelaku pendidikan dalam diklat mapel/ketrampilan
PROGRAM KERJA-4
Nama Program : Persiapan Kelas Unggulan
Sasaran/Target :
– Kesiapan pelaku pendidikan untuk membuka Kelas Unggulan
– Kesiapan sarana/prasarana untuk pembelajaran
– Kesiapan kurikulum Kelas Unggulan
– Terlaksananya kegiatan kunjungan kerja
Toko Mainan di Leuwiliang Bogor Kebakaran, Letupan Kembang Api Menyala
-
Kebakaran melanda toko mainan di wilayah Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Saat
ini, petugas pemadam kebakaran (damkar) masih melakukan pemadaman.
58 menit yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar