AGENDA SEKOLAH & INFORMASI TERKINI (UPDATE) :

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
>> (29 Nopember 2014) : Kegiatan Ulangan Semester Ganjil Tahunb Pelajaran 2014/2015 dimulai hari Senin s.d. Rabu, tanggal 01-10 Desember 2014, mohon kesiapan materi dan penunjang lainnya. Semoga sukses selalu
>> (08 Desember 2014) : Agenda OSIS-PK, terkait kegiatan Classmeeting akan diselenggarakan besok pada hari Sabtu, Senin s.d. Jum'at tangal 13, 15-19 Desember 2014 di Lokasi dan sekitar SMA Wahid Hasyim Tersono, mohon dukungan dan partisipasinya, semoga LANCAR dan SUKSES
>> (08 Desember 2014) : Foto Bersama kelas XII untuk persiapan Ujian Nasional akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 04 Januari 2014 dan untuk lokasi pemotretan di Lian Khay - Pekalongan dengan kegiatan selanjutnya diikuti Ziarah, semoga berjalan dengan lancar dan aman
>> (08 Desember 2014) : Penerimaan Laporan Capaian Kompetensi Peserta Didik (Raport) untuk Semester Ganjil ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 20 Desember 2014. Semoga hasilnya memuaskan
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke­ berhasilan kurikulum 2013. Pertama, penen­tu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependi­dik­an (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai ba­han ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pem­bentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah da­am pembinaan dan penga­wasan; dan (iii) penguatan ma­naj­emen dan budaya sekolah.

iklan5-skema2
iklan5-skema1
Berkait dengan faktor perta­ma, Kemdikbud sudah mende­sain­­ strategi penyiapan guru se­­bagaimana digambarkan pa­da skema penyiapan guru yang me­ibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widya­swara, guru inti, pengawas, ke­­pala sekolah; guru uta­ma me­iputi guru inti, penga­was, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus di­beri perhatian khusus dalam rencana implementasi dan ke­terlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemung­kinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting­ daripada pengembangan kuri­kulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran.
iklan5-gbr1
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan be­sar di dalam mengimplementa­sikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cer­das tapi juga adaptip terhadap perubahan.

Berikut ini wawancara dengan Mendikbud terkait Kurikulum 2013 (klik link) :
- Bagian 1
- Bagian 2
- Bagian 3

Sumber : http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/

1 komentar:

whaterbat mengatakan...

OK, terima kasih atas informasinya,,, :)

dedicated by :

KEY REG PDSS-SNMPTN 2015

TENAGA PENDIDIK & KEPEND.

TENAGA PENDIDIK & KEPEND.

PENGUNJUNG (TAMU)

Anda Pengunjung Kami yang ke :
blog counter
Silahkan Isi Buku Tamu

Agenda Kegiatan

Sponsor